RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah : SD N No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
Tujuan
Pembelajaran**
siswa
dapat :
§ Menuliskan tanda waktu
§ Mengetahui satuan – satuan waktu
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab
Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Ceramah ,Tanya jawab,
Diskus, Pemberian Tugas
Langkah-langkah Pembelajaran
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam
seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§
Kegiatan Inti
F
Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
terdiri dari 4-5 orang
F
Menuliskan
tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
F
Membahas
macam-macam satuan waktu,
F
Menjelaskan materi dengan alat peraga jam
dinding dan memberikan permasalahan
untuk didiskusikan tentang waktu
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
F
Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan mengenai
materi yang telah disampaikan,
F
memberikan
pekerjaan rumah
F
dan
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5
§
Jam dinding
PENILAIAN
SOAL
Berilah
keterangan pagi, siang , sore atau malam untuk soal berikut!
Contoh:
Pukul 13.00 = Pukul 1 Siang
1. Pukul 14.30 = …………
2. Pukul 18.00 = …………
3. Pukul 20.00 = …………
4. pukul 21.00 = ………….
5. pukul 24.00 = ………….
JAWABAN
1.
Pukul 2. 30 siang
2.
Pukul 6 sore
3.
Pukul 8 malam
4.
pukul 9 malam
5.
pukul 12 malam
Wonosari,
September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP:
196112311983041008 NIM.824802736