KATA
PENGANTAR
Ucapan Syukur yang tak hingga kepada
ALLAH ta’ala yang dengan limpahan Rahmat dan Nikmatnya sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) ini dengan lancar
dan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Sholawat dan salam kepada Nabi
Muhammad SAW.
Penulisan laporan penelitian ini
penulis susun adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan
Mengajar ( PKM ) PDGK 4209 Universitas Terbuka.
Terima kasih yang sebanyaknya penulis ucapkan kepada Bapak Drs.Awaluddin
Sitorus, MPd sebagai Superviso I yang selalu membimbing sejak awal hingga akhir
penulisan laporan ini. Terima kasih juga penulis ucapkan kepada berbagai pihak
yang membantu seperti ; Kepala Sekolah SD Negeri No. 115507 Wonosari ( Bapak
Barmawi,S.Pd ), teman sejawat, pengelola Pokjar Labuhan Bilik ( Bapak Adnan,
S.Pd ), rekan – rekan Mahasiswa, Supervisor II ( Ibu Nurhaida, S.Pd ) yang
telah banyak memberikan masukan dalam proses penyelesaian laporan ini. Dan tak
lupa juga kepada keluarga penulis. Semoga ALLAH SWT membalas jasa kalian, amiin
Penulis menyadari bahwa masih banyak
kekurangan dan kesalahan dalam penulisan maupun bahasa yang penulis gunakan.
Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca
sekalian. Ahirnya penulis berharap semoga penelitian ini bermanfaat bagi
siapapun yang membacanya.,
wassalamu’alaikum
Labuhanbilik, 31 Oktober 2015
BEDAH DALIMUNTHE
NIM. 824802736
1. Pendahuluan
SD
Negeri No.115507 Wonosari adalah sekolah tempat saya mengajar. Sekolah ini
bertempat di Desa Wonosari, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.
Sekolah ini berjarak kurang lebih 3 Kilometer dari ibu kota kecamatan yaitu Sei
Berombang. Akses menuju sekolah tempat saya mengajar ini agak sulit. Selain
jalannya yang berlobang, jalan menuju ke sana juga akan becek dan licin jika
hari hujan. Sehingga memakan waktu kami untuk menuju sekolah dan mengakibatkan
agak terganggunya proses pembelajaran. SD Negeri No. 115507 Wonosari ini,
berada sekitar 40 meter dari jalan utama Desa Wonosari dan merupakan berbatasan
langsung dengan Desa Sei Sakat. Karena letak sekolah ini terpencil yaitu di
antara perkebunan sawit dan kelapa warga, maka suasana belajar terasa begitu
hening dan menyegarkan terhindar dari kebisingan. Tempat saya memperaktekkan
PKM ini yaitu di kelas V ( lima ), kelas ini berukuran 7 meter x 8 meter dengan
sumber pencahayaan yang alami. Ini di karenakan sekolah tempat saya
memperaktekkan PKM ini belum di aliri arus listrik, jadi jika cuaca mendung
atau hujan, kami merasa terganggu dalam melaksanakan pembelajaran sebab
minimnya pencahayaan. Siswa kelas V ( lima ) tempat saya memperaktekkan PKM ini
berjumlah 25 orang, terdiri dari 13 orang laki – laki dan 12 orang perempuan.
Kemampuan siswa di kelas ini beragam, dikatakan beragam karena hanya
dari jumlah siswa yang kemampuan belajarnya
yang memadai. Hampir semua orang tua siswa bermata pencarian sebagai petani,
dengan kemampuan ekonomi menengah kebawah. Oleh sebab itu, para siswa SD Negeri
No. 115507 Wonosari ini sebagian besar sepulang sekolah, membantu orang tuanya
di ladang.
Alhamdulillah,
sudah 1 tahun lamanya saya mengajar di Sekolah ini, banyak pengalaman mengajar
berharga yang saya dapatkan ditempat ini. Walaupun awalnya saya tidak berminat
untuk menjadi seorang guru namun karena dorongan dari orang tua dan teman –
teman, ahirnya saya memberanikan diri untuk menjadi seorang guru. Apalagi
setelah saya mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka ini, saya menjadi
lebih bersemangat melaksanakan tugas saya sebagi guru sebab ilmu yang saya
peroleh dengan mengikuti perkuliahan ini sejalan dengan profesi saya dan
langsung bisa saya terapkan pada anak didik saya di SD Negeri no. 115507 Wonosari.
Selain hal tersebut, Kegiatan perkuliahan tidak menggangu pekerjaan saya
sebagai guru karena perkuliahan dilaksanakan pada hari Minggu yaitu hari libur
sekolah. Saya lahir pada tanggal 15 Juni 1990, Sekitar tujuh tahun yang lalu
yaitu tahun 2008, saya lulus dari SMA. Setelah lulus saya bekerja ke luar
daerah untuk membantu perekonomian keluarga saya. Nah, di tengah kesibukan
pekerjaan yang saya jalani itulah tumbuh ke inginan dari hati saya untuk
melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi, terlebih ketika saya melihat alumni
seangkatan dengan saya telah lebih dahulu menginjakkan kakinya di perguruan
tinggi. Ahirnya melalui bantuan dan informasi dari teman dekat, saya dapat
mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka ini. Alhamdulillah saat ini saya sudah
berada pada semester yang ke empat di Pokjar ini.
2.
Manfaat
Praktik Mengajar Dan Refleksi Diri Dalam PKM
Banyak
manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti proses perkuliahan mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ). Maanfaat tersebut dapat berupa manfaat
jangka pendek dan manfaat jangka panjang. Diantara manfaat jangka pendek yang
langsung saya rasakan adalah saya dapat mengerti bagaimana cara menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan baik yang sesuai dengan
kebutuhan pembelajaran dan kemampuan siswa serta suasana lingkungan belajar
siswa. Setelah memperaktikan saya memperaktikkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, saya dapat mengetahui kekurangan saya dalam menyampaikan
pelajaran, saya juga dapat mengetahui metode pembelajaran yang seperti apa yang
dapat membuat siswa senang mengikuti pelajaran dan mampu untuk meningkatkan
hasil belajar mereka masing – masing. Manfaat lain yaitu saya dapat melengkapi
tugas PKM saya dengan mudah. Sedangkan manfaat jangka panjangnya adalah saya
dapat memperaktikkan ilmu yang saya dapat ini dalam setiap proses pembelajaran
yang saya lakukan dimanapun saya berada sampai saya mati. Kegiatan penyusunan
RPP dan praktik yang saya laksanakan tidak terlepas dari bimbingan dan arahan
dari Bapak Drs. Awaluddin Sitorus, M.Pd sebagai supervisor 1, saya sangat
berterima kasih kepada beliau karena atas arahan dan bimbingannya sehingga saya
mampu menyelesaikan laporan ahir PKM ini. Demikian juga kepada Ibu Nurhaida,
S.Pd sebagai Supervisor 2 yang telah berkenan mencurahkan pengetahuannya kepada
saya dan telah memberikan umpan balik sehingga saya dapat memperbaiki kesalahan
dalam pengerjaan laporan ini.
Kesulitan yang saya alami dalam
melakukan refleksi pembelajaran yaitu kurangnya perhatian siswa saat saya
menjelaskan pelajaran. Selain itu, dalam proses penyelesaian laporan PKM ini
juga terdapat kesulitan yang saya alami diantaranya adalah saya sempat
mendapatkan informasi yang salah tentang pembuatan RPP, teknik penyusunan RPP yang
berbeda dengan yang saya lakukan sewaktu mengajar, saya juga sempat grogi
menghadapi siswa saat praktik karna saya di awasi oleh penguji 1 dan penguji 2
hingga saat menanyakan hal yang kurang saya mengerti kepada Supervisor 1 juga
membuat saya kesulitan karena beliau terkenal tegas dan disiplin. Namun,
kesulitan – kesulitan itu dapat teratasi berkat bimbingan dan bantuan yang saya
peroleh dari supervisor 1 dan 2, rekan – rekan mahasiswa pengelola dan keluarga
yang mendukung saya. Banyak manfaat yang dapat saya rasakan dalam melakukan
refleksi pembelajaran diantaranya saya dapat mengetahui kelemahan dan
kekurangan saya dalam mengajar serta mengetahui cara memperbaikinya. Semua
kegiatan selama proses penyusunan laporan ini amat sangat bermanfaat untuk
kegiatan pembelajaran saya berikutnya.
3.
Ulasan proses 2
praktek mengajar/2 RPP dalam PKM
a.
Praktek
Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Hari
kamis tanggal 29 Oktober 2015 mulai pukul 09.00 – 09.45 WIB, telah dilakukan
praktek mengajar Bahasa Indonesia di kelas V ( lima ) yang diamati oleh Ibu
Nuraida, S.Pd sebagai supervisor 2 Mata Kuliah PKM. Pembelajaran yang
dilaksanakan diawali dengan menyampaikan tujuan mempelajari menulis puisi bagi
siswa yaitu siswa dapat memahami makna puisi, siswa dapat membaca puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat dan siswa dapat menulis puisi dengan baik.
Setelah itu, siswa ditanya tentang pelajaran yang lalu dan menyebutkan hubungan
pelajaran yang sedang dilakukan dengan pelajaran yang lalu, bertanya kepada
siswa tentang materi yang akan dipelajari. Selanjutnya, siswa diberi motivasi
agar lebih semangat mempelajari tentang materi pembelajaran. Kemudian, siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok belajar.
Pada
kegiatan inti, siswa ditanya tentang puisi kemudian siswa duberikan contoh
menentukan jeda, mengekspresikan puisi serta memilih kata – kata yang tepat
untuk menyusun puisi. Selanjutnya siswa bersama kelompok masing – masing diberikan
kesempatan untuk membuat puisi. Setelah selesai masing – masing perwakilan
kelompok membacakan puisi hasil karya kelompoknya di depan kelas kemudian siswa
dari kelompok lain menanggapi puisi yang dibacakan temannya. Setelah semua
kelompok mendapat giliran siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal – hal
yang tidak dipahami saat pelajaran berlangsung.
Pada
kegiatan penutup, siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah
dilakukan dan diberikan pekerjaan rumah untuk diperiksa pada pertemuan yang
akan datang. Selama proses pembelajaran, banyak siswa kurang pokus terhadap
penjelasan yang diberikan . ini terjadi karna siswa bercerita dengan teman
kelompoknya. Keadaan ini sering terjadi dalam pembelajaran. Walaupun demikian,
ada juga yang sangat serius menyimak materi yang disampaikan.
Hal
unik yang terjadi saat pembelajaran berlangsung adalah ; siswa kelompok lain
menertawakan perwakilan dari kelompok yang membacakan puisi di depan kelas.
Sebagian besar siswa yang tampil didepan kelas menutupi wajahnya dengan teks
puisi yang akan dibacakannya karena malu dengan teman yang lain.
Metode
koperatif tife STAD sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas yang
diberikan, sebab metode ini bisa mempengaruhi semangat belajar siswa lain
b.
Praktek
Mengajar Mata Pelajaran MATEMATIKA
Pada
hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015 mulai pukul 08.00 – 08.35 WIB, telah
dilakukan praktek mengajar Matematika di kelas V ( lima ) yang diamati oleh Ibu
Nuraida, S.Pd sebagai supervisor 2 Mata Kuliah PKM. Pembukaan pelajaran diawali
dengan menyampaikan tujuan siswa untuk mempelajari Pengukuran ( waktu, sudut,
luas, volum dan satuannya ) yaitu siswa dapat menuliskan tanda waktu,
mengetahui satuan – satuan waktu dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari
- hari. Setelah itu, siswa ditanya tentang pelajaran yang lalu dan menyebutkan
hubungan pelajaran yang sedang dilakukan dengan pelajaran yang lalu, bertanya
kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari. Selanjutnya, siswa diberi
motivasi agar lebih semangat mempelajari tentang materi pembelajaran. Kemudian,
siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar.
Pada
kegiatan inti, siswa ditanya tentang tanda waktu dan satuan – satuan waktu.
kemudian siswa diberikan penjelasan mengenai tanda waktu dan penulisan notasi
24 jam, siswa diminta menyebutkan macam – macam satuan waktu. Selanjutnya siswa
bersama kelompok masing – masing diberikan kesempatan untuk menuliskan macam –
macam satuan waktu dan mengubah notasi 12 jam menjadi ke notasi 24 jam. Setelah
selesai masing – masing perwakilan kelompok membacakan hasil kerja kelompoknya
di depan kelas kemudian siswa dari kelompok lain menanggapi pekerjaan temannya.
Setelah semua kelompok mendapat giliran siswa diberikan kesempatan untuk
menanyakan hal – hal yang tidak dipahami saat pelajaran berlangsung.
Pada
kegiatan penutup, siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah
dilakukan dan diberikan pekerjaan rumah untuk diperiksa pada pertemuan yang
akan datang. Selama proses pembelajaran, banyak siswa kurang pokus terhadap
penjelasan yang diberikan . ini terjadi karna siswa bercerita dengan teman
kelompoknya. Keadaan ini sering terjadi dalam pembelajaran. Walaupun demikian,
ada juga yang sangat serius menyimak materi yang disampaikan.
Hal
unik yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung adalah ; ketika siswa
ditanya tentang waktu siswa beramai – ramai menjawab bahwa waktu itu adalah
jam. Sebagian besar siswa masih belum mengerti tentang penggunaan notasi 24 jam
dalam kehidupan sehari – hari. Metode koperatif tife STAD sangat membantu siswa
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, sebab metode ini bisa mempengaruhi
semangat belajar siswa lain
4.
Kesimpulan
dan saran
Berdasarkan
hasil praktik pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM
) yang telah dilakukan maka dapat simpulkan bahwa mata kuliah Pemantapan
Kemampuan Mengajar ( PKM ) mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa mengelola
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik . Selanjutnya penggunaan metode
koperatif tife STAD mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi
sebab siswa yang kemampuan belajarnya rendah terpengaruh dengan siswa yang
kemampuan belajarnya lebih tinggi. Dengan demikian penerapan Diskusi Kelompok tife
STAD dapat Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.115507
Wonosari
Berdasarkan
simpulan di atas, untuk meningkatkan kualitas dan aktivitas siswa dalam
pembelajaran maka mahasiswa disarankan agar ; menggunakan teknik pembelajaran
yang variatif (hal ini dilakukan untuk terciptanya proses belajar mengajar yang
aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Inovatif dalam pengadaan alat peraga
yang ada dan dekat dengan lingkungan siswa ( karena dapat menimbulkan motivasi
belajar siswa sehingga pembelajaran yang dikelola guru menjadi lebih bermakna).
Selalu belajar agar dapat meningkatkan kemampuan dan wawasannya dalam
melaksanakan pembelajaran. Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )
hendaknya dapat diterapkan pada setiap pembelajaran untuk meningkatkan
kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
DAFTAR LAMPIRAN
Kepada
Yth Kepala
UPBJJ UT MEDAN
Di Tempat
Nama : NUR HAIDA, S.Pd
NIP : 196412021986042002
Asal dari
Sekolah :
SD Negeri
No.112200 Labuhanbilik
Alamat Sekolah :
Labuhanbilik,
Kecamatan Panai Tengah
Nomor Telepon/HP :
Dengan ini menyatakan bersedia menjadi Supervisor 2 yang akan
memeriksa dan memberikan masukan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP ) serta mengamati praktik mengajar sebanyak 10 kali dalam mata kuliah PKM (
Pemantapan Kemampuan Mengajar ), yang akan dilakukan mahasiswa tersebut dibawah
ini.
Nama : BEDAH
DALIMUNTHE
NIM :
824802736
Labuhanbilik,
17 Oktober 2015
Supervisor
2,
NUR HAIDA, S.Pd
Kepada
Yth. Kepala
UPBJJ UT MEDAN
Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Saya yang
bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Hj. MARDIANI
NASUTION, S.Pd
Kepala
Sekolah : SD Negeri No. 112200
Labuhanbilik
Alamat
Sekolah : Labuhanbilik, Kecamatan
Panai Tengah
Dengan ini menyatakan bahwa Supervisor 2 yang bernama
NUR HAIDA,
S.Pd, dapat
membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap
kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM
mahasiswa berikut ini.
Nama
Mahasiswa : BEDAH DALIMUNTHE
NIM :
824802736
Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Labuhanbilik,
19 Oktober 2015
Kepala
Sekolah SD Negeri No.112200
Labuhanbilik
Hj. MARDIANI NASUTION, S.Pd
NIP. 19551029
197403 2 001
JURNAL PEMBIMBINGAN SUPERVISOR 2 PKM
NIM / Nama Mahasiswa :
824802736 /
BEDAH DALIMUNTHE
Mengajar di Kelas : V ( Lima
)
Sekolah :
SD Negeri
No.115507 Wonosari
No
|
Hari
/ Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil / Komentar
|
Paraf
|
|
Mhs.
|
Supv.2
|
||||
1
|
Senin/19
Oktober 2015
|
Diskusi tentang persiapan praktek PKM,
mulai dari tata cara penyusunan RPP sampai metode yang digunakan
|
Disepakati jadwal praktek PKM,
mengetahui langkah - langkah menyusun RPP
|
||
2
|
Selasa /20 Oktober
2015
|
Konsultasi tentang teknik penguasaan
kelas dan
metode yang digunakan
|
Metode yang tepat untuk diterapkan
yaitu diskusi kelompok tife STAD
|
||
3
|
Selasa/
20 Oktober
2015
|
Mendiskusikan RPP PKn dengan
materi ‘pengertian Undang – Undang’
|
Indikator pada RPP PKn tidak
disertakan
|
||
4
|
Rabu/ 21 Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
PKn dengan materi ‘pengertian Undang – Undang’
|
Sebagian besar Siswa terlihat
aktif mengikuti pelajaran dan pembelajaran yang dilakukan berjalan lancar
|
||
5
|
Kamis/ 22
Oktober 2015
|
Mendiskusikan RPP IPA dengan
materi ‘potosintesis’ dan peraga yang sesuai
|
Menggunakan tumbuhan yang ada
dilingkungan keseharian siswa sebagai peraga
|
||
6
|
Jum’at/ 23
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
IPA materi potosintesis
|
Siswa terlihat antusias mengikuti
pembelajaran
|
||
7
|
Sabtu/24
Oktober 2015
|
Mendiskusikan RPP Bahasa Indonesia
dengan materi Teks Percakapan
|
Untuk pembelajaran ini dipilih
teks percakapan yang mudah dipahami siswa
|
||
8
|
Sabtu/ 24
Oktober 2015
|
Mendiskusikan RPP IPS pada materi
menceritakan tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam
|
Menggunakan gambar yang
berhubungan dengan tokoh Hindu, Budha dan Islam sebagai sarana demonstrasi
kepada siswa
|
||
9
|
Senin/26
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
Bahasa Indonesia materi Teks Percakapan
|
Walaupun suasana kelas terlihat
ribut. Namun siswa aktif dalam memperaktikkan Teks Percakapan di depan kelas
|
||
10
|
Senin/26
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
IPS pada materi ‘ Tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam
|
Pembelajaran terlihat aktif,
banyaknya siswa yang bertanya tentang tokoh – tokoh sejarah pada masa Hndu,
Budha dan Islam
|
||
11
|
Selasa/27
Oktober 2015
|
Konsultasi tentang penguasaan
kelas
|
Perhatian penuh terhadap aktivitas
siswa
|
||
12
|
Selasa/27
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
PKn dengan materi ‘ Undang – Undang Tingkat Pusat dan daerah
|
Perbaikan tujuan pembelajaran,
memberikan contoh undang – undang tingkat pusat dan daerah
|
||
13
|
Rabu/28
Oktober 2015
|
Mengamati pembelajaran PKn dengan
materi ‘ Undang – Undang Tingkat Pusat dan daerah
|
Siswa memahami undang – undang
tingkat pusat dan daerah
|
||
14
|
Rabu/28
Oktober 2015
|
Diskusi tentang persiapan RPP IPS
tentang mengelompokkan tokoh – tokoh sejarah Hindu, Budha dan Islam
|
Mengupayakan contoh tokoh – tokoh
Hindu, Buda dan Islam yang familiar dikalangan siswa dan masyarakat
|
||
15
|
Kamis/29
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan IPS materi
mengelompokkan tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam
|
Pembelajaran berjalan dengan baik
|
||
16
|
Kamis/29
Oktober 2015
|
Konsultasi tentang RPP IPA materi
‘ tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan
|
Menyiapkan peraga aneka buahan
yang berhubungan dengan materi
|
||
17
|
Kamis/29
Oktober 2015
|
Diskusi tentang RPP MTK pada
materi Pengukuran ( menuliskan satuan jarak dan kecepatan )
|
Memperbaiki metode pada RPP yaitu
menggunakan metode kooperatif tife STAD
|
||
18
|
Jum’at/30
Oktober 2015
|
Diskusi tentang RPP Bahasa
Indonesia dengan Tema Puisi
|
Memilih puisi yang mudah dipahami
siswa
|
||
19
|
Sabtu/31
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
RPP Bahasa Indonesia dengan Tema Puisi
|
Pembelajaran berlangsung dengan
epektif
|
||
20
|
Sabtu/31
Oktober 2015
|
Mengamati pelaksanaan pembelajaran
MTK pada materi Pengukuran ( menuliskan satuan jarak dan kecepatan
|
Pembelajaran berlangsung dengan baik
dan siswa dan terlihat aktif mengikuti pembelajaran
|
Mengetahui Labuhanbilik, 31 Oktober 2015
Supervisor 1, Supervisor
2,
Drs. AWALUDDIN SITORUS,M.Pd NUR HAIDA, S.Pd
ID. 12000483 NIP.196412021986042002
Format Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD
Kode Nama Mata Kuliah : PDGK 4209
Nama Mahasiswa : BEDAH DALIMUNTHE
UPBJJ : MEDAN
Masa Ujian : 2015.2
NO
|
JENIS BERKAS
|
Target
|
Kelengkapan jumlah yang dikumpulkan mahasiswa
|
1
|
RPP
|
10
|
|
2
|
Lembar
Refleksi
|
10
|
|
3
|
Lembar
Observasi
|
10
|
Labuhanbilik, 31 Oktober 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD Negeri No.112200
Labuhanbilik Mahasiswa
Hj. MARDIANI NASUTION, S.Pd BEDAH DALIMUNTHE
NIP. 19551029 197403 2 001 NIM. 824802736
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : BEDAH DALIMUNTHE
NIM : 824802736
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ :
MEDAN
A.
Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1. Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan
dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ?
( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan
kemampuan awal siswa ?)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (
apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang
diajarkan? )
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya
gunakan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apakah siswa dapat menangkap
penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
B.
Refleksi terhadap implementasi RPP
1. Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan
sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan
penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal
penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran,
pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu,
serta penilaian belajar ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat
dilaksanaka?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana
pelaksanaan pembelajaran semula ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator
o
menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan
pada tumbuhan dan memberikan contohnya
Tujuan
Pembelajaran:
o
Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan
cadangan pada tumbuhan
o
Siswa dapat menyebutkan tempat menyimpan makanan
cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a.
di dalam umbi
b.
di dalam buah
c.
dalam biji
d.
di dalam batang.
&
Karakter siswa yang diharapkan :
o
Kerja
keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin
tahu. Peduli lingkungan.
Metode pembelajaran
Kooperatif tife STAD
Materi
Tumbuhan
hijau dan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan
Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Mengabsen siswa
- apersepsi
- Menyebutkan tujuan pembelajaran
- Membentuk kelompok diskusi
· Kegiatan inti :
- Tanya jawab tentang Materi yang akan
dipelajari
¨
Menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan
pada tumbuhan
a. di dalam umbi
-
kentang
-
wortel
|
-
Talas
-
Singkong
|
-
Bawang
merah
-
Ubi
jalar
|
b. di dalam buah
-
avokad
-
mangga
-
jeruk
|
-
apel
-
nanas
-
pisang
|
-
pepaya
-
durian
-
anggur
|
c. di dalam biji
-
kacang
tanah
-
kacang
kedelai
|
-
kacang
merah
-
kacang
hijau
|
|
d. di dalam batang
-
tebu
-
sagu
|
|
|
-
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
-
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok;
-
memfasilitasi
peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok lain
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
¨ bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
¨ memberikan
pekerjaan rumah
¨ melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
Wonosari,
29 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
BARMAWI, S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP:
196112311983041008 NIM.824802736
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah : SD N No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar
Kompetensi :
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator
o
menyebutkan pembuatan makanan pada tumbuhan
sebagai fotosintesis
o
menyebutkan
hasil fotosintesis berupa
-
Karbohidrat
-
oksigen
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Memahami dan menyebutkan proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai
fotosintesis
o
Siswa
dapat Mengetahui dan menyebutkan hasil fotosintesis berupa
-
Karbohidrat
-
oksigen
Karakter siswa yang diharapkan :
o
Kerja
keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin
tahu. Peduli lingkungan.
Materi
Pembelajaran
Pembuatan makanan
pada tumbuhan hijau
o Proses
tumbuhan hijau membuat makanan
o Pengaruh
cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Penjelasan ,Tanya jawab, Pemberian
Tugas
Media Belajar
o
Buku SAINS SD Kelas V
o
Tumbuhan
hijau
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan awal
¨ Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 orang
¨ Membahas masalah Jam, Apa saja yang
terdapat pada jam seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§ Kegiatan Inti
¨ Guru memberikan pemahaman tentang
tumbuhan hijau
¨ Guru menjelaskan
proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
¨ Mengetahui
bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
- air → diperoleh melalui akar
- karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
- cahaya matahari → diserap oleh
klorofil
¨ Mengetahui
proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar
)
¨
Mengetahui hasil fotosintesis berupa
- Karbohidrat
- oksigen
¨ Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
¨
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
§
Kegiatan
Penutup
¨ Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan mengenai materi yang
telah disampaikan,
¨ memberikan pekerjaan rumah
¨ dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
PENILAIAN
SOAL LATIHAN
1.
Apakah yang
dimaksud dengan tumbuhan hijau?
2.
Apakah yang
dimaksud dengan Poto sintesis ?
3.
Apakah yang
dimaksud dengan klorofil ?
4.
Apakah yang
diperlukan tumbuhan untuk berpoto sintesis?
5.
Apakah yang
dihasilkan oleh tumbuhan dalam berpoto sintesis ?
JAWABAN
1. Tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang memiliki zat
hijau daun
2. Poto sintesis adalah cara tumbuhan untuk membuat
makanannya sendiri
3. Klorofil adalah zat hijau yang terdapat pada daun
4. Yang diperlukan tumbuhan untuk berpoto sintesis
adalah air, CO2, klorofil dan cahaya matahari
5. Yang dihasilkan oleh tumbuhan dari poto sintesis
adalah karbo hidrat dan oksigen
Wonosari,
23 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP:
196112311983041008 NIM.824802736
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : BEDAH DALIMUNTHE
NIM : 824802736
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ :
MEDAN
A. Refleksi terhadap penerapan pembelajaran
yang telah dilakukan
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan
dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
Pembukaan pelajaran yang dilakukan dapat mempersiapkan
siswa mengikuti pelajaran
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar
yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah
sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
siswa mampu memahami materi yang
disampaikan
3.
Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang
digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai
kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media sesuai dan mampu
meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik
pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode pembelajaran membuat siswa
terlihat aktif
5.
Apakah siswa
dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
siswa yang mampu menerima penjelasan
dengan baik
B. Refleksi terhadap implementasi RPP
1.
Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun
dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
saya telah melakukan penyesuaian rencana
pembelajaran dengan baik
2.
Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa
saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan
metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang penggunaan
waktu, saya selalu kekurangan waktu untuk menyampaikan pelajaran
3.
Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak
dapat dilaksanaka?
Jika ada, apa
yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula
?
Pelaksanaan pembelajaran berlangsung
dengan lancar
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Kamis, 29 Oktober 2015
Pokok
bahasan/Sub pokok bahasan :Tumbuhan hijau dan tempat menyimpan
makanan cadangan pada tumbuhan
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan pembelajaran
dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung
kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 29
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Sabtu, 23 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok
bahasan : Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan siswa
sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 23
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MATEMATIKA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.4. mengenal satuan jarak dan kecepatan
C.
Indikator
Menyebutkan satuan jarak dan kecepatan
Menuliskan satuan jarak dan kecepatan
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Peserta didik dapat Menuliskan satuan jarak dan kecepatan
·
Peserta didik dapat menyebutkan satuan
jarak dan kecepatan yang ada dalam kehidupan sehari - hari
v
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis,
Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi
E.
Materi
Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
F.
Metode
Pembelajaran
Kooperatif tife STAD, Latihan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
§
Kegiatan awal
-
Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agamanya untuk
mengawali pelajaran
-
Mengabsen siswa
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Menyebutkan
tujuan pembelajaran
-
Membentuk kelompok diskusi
-
Membahas masalah alat ukur dan satuannya yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari - hari,
§
Kegiatan Inti
¨
Guru menjelaskan tentang alat ukur dan satuan
ukur seperti Kilometer, meter ,
centimeter, dll
¨
Siswa berdiskusi tentang satuan dan alat ukur .
¨
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨
Membahas
macam-macam satuan jarak dan kecepatan
¨
mangadakan
Tanya Jawab untuk menentukan operasi hitungnya sampai diperoleh suatu
kesimpulan.
¨
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan
¨
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
¨
Guru
memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
I.
Penilaian
-
Mendiskusikan apa – apa saja alat
ukur jarak dan kecepatan yang sering dijumpai
dalam keidupan sehari – hari
siswa
Wonosari,
29 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN( RPP )
Sekolah : SDN No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
Indikator
§ Menyebutkan tanda waktu
§ Menyebutkan satuan – satuan waktu
Tujuan
Pembelajaran
siswa
dapat :
§ Siswa dapat menyebutkan tanda waktu
§ Siswa dapat menyebutkan satuan – satuan waktu yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari – hari siswa
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab
Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Penjelasan ,Tanya jawab,
Diskus, Pemberian Tugas
Langkah-langkah Pembelajaran
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam
seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§
Kegiatan Inti
¨ Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 orang
¨ Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
¨
Membahas
macam-macam satuan waktu,
¨ Menjelaskan
materi dengan alat peraga jam dinding dan memberikan permasalahan untuk didiskusikan tentang waktu
¨
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
¨
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
¨ Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan mengenai materi yang
telah disampaikan,
¨ memberikan pekerjaan rumah
¨ dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5
§
Jam dinding
PENILAIAN
SOAL
Berilah
keterangan pagi, siang , sore atau malam untuk soal berikut!
Contoh:
Pukul 13.00 = Pukul 1 Siang
1. Pukul 14.30 = …………
2. Pukul 18.00 = …………
3. Pukul 20.00 = …………
4. pukul 21.00 = ………….
5. pukul 24.00 = ………….
JAWABAN
1.
Pukul 2. 30 siang
2.
Pukul 6 sore
3.
Pukul 8 malam
4.
pukul 9 malam
5.
pukul 12 malam
Wonosari,
31 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Sabtu, 31 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan :
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan balikan
( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 31
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : BEDAH DALIMUNTHE
NIM :
824802736
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ : MEDAN
A. Refleksi terhadap penerapan pembelajaran
yang telah dilakukan
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan
dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
Pembukaan pembelajaran dapat mengarahkan
dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar
yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah
sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Siswa dapat mengerti materi yang disampaikan
3.
Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang
digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai
kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media mampu membantu siswa
memahami materi yang diajarkan
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik
pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode yang digunakan dapat membantu keaktifan
siswa
5.
Apakah siswa
dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
mayoritas siswa mampu menerima penjelasan
dengan baik
B. Refleksi terhadap implementasi RPP
1.
Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun
dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
RPP yang dilaksanakan berjalan sesuai
dengan apa yang diharapkan
2.
Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa
saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan
metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang penggunaan media,
media pembelajaran sulit didapatkan
3.
Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak
dapat dilaksanakan?
Jika ada, apa
yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula
?
Rencana pelaksanaan berjalan dengan
lancar
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Jum’at, 29 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan :
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan balikan
( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 29
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha,
dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Indikator
¨ Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia Melalui metode diskusi kelompok tife STAD
Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu Indonesia
¨ Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Budha Indonesia
¨ Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam
di Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan :
¨ Semangat kebangsaan, Cinta tanah air , Gemar
membaca.
Materi Pokok
§ Tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar / foto tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
§
Sumber :
Buku IPS kelas V
Buku
yang relevan
Metode
-
Kooperatif type STAD, penjelasan, penilaian
Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
¨ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
¨ Mengabsen
siswa
¨ apersepsi
¨ Menyebutkan tujuan pembelajaran
¨ Membentuk
kelompok diskusi
· Kegiatan inti :
¨ Guru
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
¨ Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
¨ melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
¨ memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
¨ memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
¨ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
¨ memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja kelompok;
¨ memfasilitasi peserta didik menanggapi
hasil kerja kelompok lain
¨ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
¨ bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
¨ memberikan
pekerjaan rumah
¨ melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
Wonosari,
24 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
1.
Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada
masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
Indikator
¨ Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨ Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Tujuan Pembelajaran
¨ Siswa dapat Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
¨ Siswa
dapat Membandingkan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan :
¨ Semangat kebangsaan, Cinta tanah air , Gemar
membaca.
Materi Pokok
§ Tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar / foto tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
§
Sumber :
Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
Metode
-
Kooperatif type STAD, penjelasan, penilaian
-
Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
¨ Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
¨ Mengabsen
siswa
¨ apersepsi
¨ Menyebutkan tujuan pembelajaran
¨ Membentuk
kelompok diskusi
· Kegiatan inti :
¨ Guru
Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah
pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨ Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨ melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
¨ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
¨ memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
¨ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
¨ memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja kelompok;
¨ memfasilitasi peserta didik menanggapi
hasil kerja kelompok lain
¨ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
¨ bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
¨ memberikan
pekerjaan rumah
¨ melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
Wonosari,
29 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Sabtu, 24 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok
bahasan : Tokoh -
tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan
Islam di Indonesia
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 24
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP. 196412021986042002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD Negeri No. 115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester : (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
2.
Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah.
Indikator
§ menyebutkan berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,( tingkat pusat dan daerah).
Tujuan Pembelajaran
§ siswa
dapat menyebutkan pengertian perundang - undangan
§ Siswa dapat mengetahui dan menyebutkan berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)
v
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Menghargai, Prestasi, Komuniktif
Materi Ajar
§ Pengertian perundang-undangan.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V,
Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Cooperative Learning.tife
STAD
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
§ Siswa dan guru berdoa untuk mengawali
pelajaran.
§ Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
§ Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat kelompok belajar
§ Guru bertanya kepada siswa tentang
kegiatan mereka ketika bangun pagi.
§ Kegiatan Inti
¨
Guru memberikan penjelasan tentang Peraturan Perundang-Undangan pada.
¨
Siswa
bersama kelompoknya merumuskan
pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah secara
individual.
¨ Siswa melaporkan hasil diskusi secara lisan.
¨ panduan guru, siswa menanggapi
hasil diskusi dari kelompok Dengan Bersahabat / Komuniktif
¨
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
¨
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
¨
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar
merumuskan definisi.
¨ Guru
memberikan pekerjaan rumah siswa
Wonosari,
21 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKn
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD Negeri No. 115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester : (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
2.
Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah.
Indikator
§ Dapat mengetahui dan menyebutkan berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.) melalui metode
cooperative learning tife stad
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengetahui berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)
§ Siswa
dapat menyebutkan berbagai macam
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)
v
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Menghargai, Prestasi, Komuniktif
Materi Ajar
§ Pengertian perundang-undangan.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V,
Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Cooperative Learning.tife
STAD
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
§ Siswa dan guru berdoa untuk mengawali
pelajaran.
§ Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
§ Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat kelompok belajar
§ Guru bertanya kepada siswa tentang
kegiatan mereka ketika bangun pagi.
Kegiatan Inti
¨
Guru
meminta siswa mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat
dan daerah yang telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya.
¨
Guru
menyiapkan kelas diskusi.
¨
Siswa
berdiskusi tentang fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan daerah
bagi individu dan masyarakat.
¨
Siswa
melaporkan hasil diskusi.
¨
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
¨
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
¨ melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
¨
guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
Wonosari, 28 Oktober 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKn
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM.824802736
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Rabu, 21 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan :
Pengertian peraturan perundang - undangan
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 21
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP. 196412021986042002
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : BEDAH DALIMUNTHE
NIM :
824802736
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ :
MEDAN
A. Refleksi terhadap penerapan pembelajaran
yang telah dilakukan
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan
dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
Kegiatan membuka pelajaran dapat
mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar
yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah
sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Tanggapan siswa beragam, sebagian siswa
menganggap materi yang disampaikan sulit dimengerti atau terlalu tinggi
3.
Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang
digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai
kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media mampu meningkatkan
penguasaan materi yang diajarkan
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran
yang saya gunakan ?
Metode pembelajaran sangat mempengaruhi
keaktifan siswa
5.
Apakah siswa
dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
Hanya sebagian dari siswa yang mampu
menerima penjelasan dengan baik
B. Refleksi terhadap implementasi RPP
1.
Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun
dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
Tidak seluruhnya, namun saya telah
melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik
2.
Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa
saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan
metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang pengelolaan
kelas dan penggunaan waktu, saya selalu kekurangan waktu untuk menyampaikan
pelajaran
3.
Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak
dapat dilaksanakan?
Jika ada, apa
yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula
?
Rencana pelaksanaan pembelajaran
berlangsung seperti apa yang diharapkan
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Rabu, 28 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan :
Undang – undang tingkat pusat dan daerah
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan pembelajaran
dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung
kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 28
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : BEDAH DALIMUNTHE
NIM :
824802736
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ :
MEDAN
A. Refleksi terhadap penerapan pembelajaran
yang telah dilakukan
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan
dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik ?
Proses pembukaan pelajaran dapat
mengarahkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar
yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah
sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
siswa memahami materi yang disampaikan
3.
Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang
digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai
kompetensi/materi yang diajarkan? )
Media yang digunakan mampu meningkatkan penguasaan materi yang
diajarkan
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik
pembelajaran yang saya gunakan ?
Siswa terlihat sangat aktif mengikuti
pembelajaran
5.
Apakah siswa
dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
penjelasan dicerna siswa yang diberikan
mampu dengan baik
B. Refleksi terhadap implementasi RPP
1.
Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun
dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya
telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
Tidak seluruhnya, namun rencana
pembelajaran telah sesuai dengan RPP
2.
Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja?
Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan
metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan
terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang pengelolaan
kelas, siswa masih terlihat ada yang rebut
3.
Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak
dapat dilaksanaka?
Jika ada, apa
yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula
?
Seluruh rencana pembelajaran terlaksana
dengan baik
LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk
melihat 10 praktek mengajar)
Nama Mahasiswa/NIM : BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas : V ( Lima )
Hari / Tanggal : Kamis, 29 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok
bahasan : Mengelompokkan Tokoh - tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Kemunculan**
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
Menyediakan
pijakan (keterampilan membuka pelajaran )
|
√
|
||
2
|
Memberikan
tuntunan (keterampilan bertanya)
|
√
|
||
3
|
Milibatkan
siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )
|
√
|
||
4
|
Penjelasan
konsep oleh guru ( keterampilan menjelaskan )
|
√
|
||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
6
|
Memberikan
contoh ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
7
|
Menggunakan
media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )
|
√
|
||
8
|
Memberikan
penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )
|
√
|
||
9
|
Membimbing
diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )
|
√
|
||
10
|
Melakukan
penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
11
|
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
|
√
|
|
|
12
|
Memberikan
balikan ( keterampilan menutup pelajaran )
|
√
|
|
|
**) beri tanda √
KESIMPULAN :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Wonosari, 29
Oktober 2015
Mengetahui , Supervisor
2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI
BARMAWI, S.Pd
NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008 NIP.
196412021986042002