Jumat, 06 November 2015

Tugas PKM Universitas Terbuka. Pokjar Labuhanbilik

KATA PENGANTAR
Ucapan Syukur yang tak hingga kepada ALLAH ta’ala yang dengan limpahan Rahmat dan Nikmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) ini dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.
Penulisan laporan penelitian ini penulis susun adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) PDGK 4209 Universitas Terbuka.  Terima kasih yang sebanyaknya penulis ucapkan kepada Bapak Drs.Awaluddin Sitorus, MPd sebagai Superviso I yang selalu membimbing sejak awal hingga akhir penulisan laporan ini. Terima kasih juga penulis ucapkan kepada berbagai pihak yang membantu seperti ; Kepala Sekolah SD Negeri No. 115507 Wonosari ( Bapak Barmawi,S.Pd ), teman sejawat, pengelola Pokjar Labuhan Bilik ( Bapak Adnan, S.Pd ), rekan – rekan Mahasiswa, Supervisor II ( Ibu Nurhaida, S.Pd ) yang telah banyak memberikan masukan dalam proses penyelesaian laporan ini. Dan tak lupa juga kepada keluarga penulis. Semoga ALLAH SWT membalas jasa kalian, amiin
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan maupun bahasa yang penulis gunakan. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Ahirnya penulis berharap semoga penelitian ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya., wassalamu’alaikum

Labuhanbilik, 31 Oktober 2015


BEDAH DALIMUNTHE
NIM. 824802736

1.      Pendahuluan
SD Negeri No.115507 Wonosari adalah sekolah tempat saya mengajar. Sekolah ini bertempat di Desa Wonosari, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu. Sekolah ini berjarak kurang lebih 3 Kilometer dari ibu kota kecamatan yaitu Sei Berombang. Akses menuju sekolah tempat saya mengajar ini agak sulit. Selain jalannya yang berlobang, jalan menuju ke sana juga akan becek dan licin jika hari hujan. Sehingga memakan waktu kami untuk menuju sekolah dan mengakibatkan agak terganggunya proses pembelajaran. SD Negeri No. 115507 Wonosari ini, berada sekitar 40 meter dari jalan utama Desa Wonosari dan merupakan berbatasan langsung dengan Desa Sei Sakat. Karena letak sekolah ini terpencil yaitu di antara perkebunan sawit dan kelapa warga, maka suasana belajar terasa begitu hening dan menyegarkan terhindar dari kebisingan. Tempat saya memperaktekkan PKM ini yaitu di kelas V ( lima ), kelas ini berukuran 7 meter x 8 meter dengan sumber pencahayaan yang alami. Ini di karenakan sekolah tempat saya memperaktekkan PKM ini belum di aliri arus listrik, jadi jika cuaca mendung atau hujan, kami merasa terganggu dalam melaksanakan pembelajaran sebab minimnya pencahayaan. Siswa kelas V ( lima ) tempat saya memperaktekkan PKM ini berjumlah 25 orang, terdiri dari 13 orang laki – laki dan 12 orang perempuan. Kemampuan siswa di kelas ini beragam, dikatakan beragam karena hanya  dari jumlah siswa yang kemampuan belajarnya yang memadai. Hampir semua orang tua siswa bermata pencarian sebagai petani, dengan kemampuan ekonomi menengah kebawah. Oleh sebab itu, para siswa SD Negeri No. 115507 Wonosari ini sebagian besar sepulang sekolah, membantu orang tuanya di ladang.
Alhamdulillah, sudah 1 tahun lamanya saya mengajar di Sekolah ini, banyak pengalaman mengajar berharga yang saya dapatkan ditempat ini. Walaupun awalnya saya tidak berminat untuk menjadi seorang guru namun karena dorongan dari orang tua dan teman – teman, ahirnya saya memberanikan diri untuk menjadi seorang guru. Apalagi setelah saya mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka ini, saya menjadi lebih bersemangat melaksanakan tugas saya sebagi guru sebab ilmu yang saya peroleh dengan mengikuti perkuliahan ini sejalan dengan profesi saya dan langsung bisa saya terapkan pada anak didik saya di SD Negeri no. 115507 Wonosari. Selain hal tersebut, Kegiatan perkuliahan tidak menggangu pekerjaan saya sebagai guru karena perkuliahan dilaksanakan pada hari Minggu yaitu hari libur sekolah. Saya lahir pada tanggal 15 Juni 1990, Sekitar tujuh tahun yang lalu yaitu tahun 2008, saya lulus dari SMA. Setelah lulus saya bekerja ke luar daerah untuk membantu perekonomian keluarga saya. Nah, di tengah kesibukan pekerjaan yang saya jalani itulah tumbuh ke inginan dari hati saya untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi, terlebih ketika saya melihat alumni seangkatan dengan saya telah lebih dahulu menginjakkan kakinya di perguruan tinggi. Ahirnya melalui bantuan dan informasi dari teman dekat, saya dapat mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka ini. Alhamdulillah saat ini saya sudah berada pada semester yang ke empat di Pokjar ini.  

2.      Manfaat Praktik Mengajar Dan Refleksi Diri Dalam PKM
Banyak manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti proses perkuliahan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ). Maanfaat tersebut dapat berupa manfaat jangka pendek dan manfaat jangka panjang. Diantara manfaat jangka pendek yang langsung saya rasakan adalah saya dapat mengerti bagaimana cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan kemampuan siswa serta suasana lingkungan belajar siswa. Setelah memperaktikan saya memperaktikkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, saya dapat mengetahui kekurangan saya dalam menyampaikan pelajaran, saya juga dapat mengetahui metode pembelajaran yang seperti apa yang dapat membuat siswa senang mengikuti pelajaran dan mampu untuk meningkatkan hasil belajar mereka masing – masing. Manfaat lain yaitu saya dapat melengkapi tugas PKM saya dengan mudah. Sedangkan manfaat jangka panjangnya adalah saya dapat memperaktikkan ilmu yang saya dapat ini dalam setiap proses pembelajaran yang saya lakukan dimanapun saya berada sampai saya mati. Kegiatan penyusunan RPP dan praktik yang saya laksanakan tidak terlepas dari bimbingan dan arahan dari Bapak Drs. Awaluddin Sitorus, M.Pd sebagai supervisor 1, saya sangat berterima kasih kepada beliau karena atas arahan dan bimbingannya sehingga saya mampu menyelesaikan laporan ahir PKM ini. Demikian juga kepada Ibu Nurhaida, S.Pd sebagai Supervisor 2 yang telah berkenan mencurahkan pengetahuannya kepada saya dan telah memberikan umpan balik sehingga saya dapat memperbaiki kesalahan dalam pengerjaan laporan ini.

            Kesulitan yang saya alami dalam melakukan refleksi pembelajaran yaitu kurangnya perhatian siswa saat saya menjelaskan pelajaran. Selain itu, dalam proses penyelesaian laporan PKM ini juga terdapat kesulitan yang saya alami diantaranya adalah saya sempat mendapatkan informasi yang salah tentang pembuatan RPP, teknik penyusunan RPP yang berbeda dengan yang saya lakukan sewaktu mengajar, saya juga sempat grogi menghadapi siswa saat praktik karna saya di awasi oleh penguji 1 dan penguji 2 hingga saat menanyakan hal yang kurang saya mengerti kepada Supervisor 1 juga membuat saya kesulitan karena beliau terkenal tegas dan disiplin. Namun, kesulitan – kesulitan itu dapat teratasi berkat bimbingan dan bantuan yang saya peroleh dari supervisor 1 dan 2, rekan – rekan mahasiswa pengelola dan keluarga yang mendukung saya. Banyak manfaat yang dapat saya rasakan dalam melakukan refleksi pembelajaran diantaranya saya dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan saya dalam mengajar serta mengetahui cara memperbaikinya. Semua kegiatan selama proses penyusunan laporan ini amat sangat bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran saya berikutnya.

3.      Ulasan proses 2 praktek mengajar/2 RPP dalam PKM

a.      Praktek Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Hari kamis tanggal 29 Oktober 2015 mulai pukul 09.00 – 09.45 WIB, telah dilakukan praktek mengajar Bahasa Indonesia di kelas V ( lima ) yang diamati oleh Ibu Nuraida, S.Pd sebagai supervisor 2 Mata Kuliah PKM. Pembelajaran yang dilaksanakan diawali dengan menyampaikan tujuan mempelajari menulis puisi bagi siswa yaitu siswa dapat memahami makna puisi, siswa dapat membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat dan siswa dapat menulis puisi dengan baik. Setelah itu, siswa ditanya tentang pelajaran yang lalu dan menyebutkan hubungan pelajaran yang sedang dilakukan dengan pelajaran yang lalu, bertanya kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari. Selanjutnya, siswa diberi motivasi agar lebih semangat mempelajari tentang materi pembelajaran. Kemudian, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar.
            Pada kegiatan inti, siswa ditanya tentang puisi kemudian siswa duberikan contoh menentukan jeda, mengekspresikan puisi serta memilih kata – kata yang tepat untuk menyusun puisi. Selanjutnya siswa bersama kelompok masing – masing diberikan kesempatan untuk membuat puisi. Setelah selesai masing – masing perwakilan kelompok membacakan puisi hasil karya kelompoknya di depan kelas kemudian siswa dari kelompok lain menanggapi puisi yang dibacakan temannya. Setelah semua kelompok mendapat giliran siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal – hal yang tidak dipahami saat pelajaran berlangsung.
Pada kegiatan penutup, siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan diberikan pekerjaan rumah untuk diperiksa pada pertemuan yang akan datang. Selama proses pembelajaran, banyak siswa kurang pokus terhadap penjelasan yang diberikan . ini terjadi karna siswa bercerita dengan teman kelompoknya. Keadaan ini sering terjadi dalam pembelajaran. Walaupun demikian, ada juga yang sangat serius menyimak materi yang disampaikan.
Hal unik yang terjadi saat pembelajaran berlangsung adalah ; siswa kelompok lain menertawakan perwakilan dari kelompok yang membacakan puisi di depan kelas. Sebagian besar siswa yang tampil didepan kelas menutupi wajahnya dengan teks puisi yang akan dibacakannya karena malu dengan teman yang lain.
Metode koperatif tife STAD sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, sebab metode ini bisa mempengaruhi semangat belajar siswa lain  

b.      Praktek Mengajar Mata Pelajaran MATEMATIKA
Pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2015 mulai pukul 08.00 – 08.35 WIB, telah dilakukan praktek mengajar Matematika di kelas V ( lima ) yang diamati oleh Ibu Nuraida, S.Pd sebagai supervisor 2 Mata Kuliah PKM. Pembukaan pelajaran diawali dengan menyampaikan tujuan siswa untuk mempelajari Pengukuran ( waktu, sudut, luas, volum dan satuannya ) yaitu siswa dapat menuliskan tanda waktu, mengetahui satuan – satuan waktu dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari. Setelah itu, siswa ditanya tentang pelajaran yang lalu dan menyebutkan hubungan pelajaran yang sedang dilakukan dengan pelajaran yang lalu, bertanya kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari. Selanjutnya, siswa diberi motivasi agar lebih semangat mempelajari tentang materi pembelajaran. Kemudian, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar.
            Pada kegiatan inti, siswa ditanya tentang tanda waktu dan satuan – satuan waktu. kemudian siswa diberikan penjelasan mengenai tanda waktu dan penulisan notasi 24 jam, siswa diminta menyebutkan macam – macam satuan waktu. Selanjutnya siswa bersama kelompok masing – masing diberikan kesempatan untuk menuliskan macam – macam satuan waktu dan mengubah notasi 12 jam menjadi ke notasi 24 jam. Setelah selesai masing – masing perwakilan kelompok membacakan hasil kerja kelompoknya di depan kelas kemudian siswa dari kelompok lain menanggapi pekerjaan temannya. Setelah semua kelompok mendapat giliran siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal – hal yang tidak dipahami saat pelajaran berlangsung.
Pada kegiatan penutup, siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dan diberikan pekerjaan rumah untuk diperiksa pada pertemuan yang akan datang. Selama proses pembelajaran, banyak siswa kurang pokus terhadap penjelasan yang diberikan . ini terjadi karna siswa bercerita dengan teman kelompoknya. Keadaan ini sering terjadi dalam pembelajaran. Walaupun demikian, ada juga yang sangat serius menyimak materi yang disampaikan.
Hal unik yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung adalah ; ketika siswa ditanya tentang waktu siswa beramai – ramai menjawab bahwa waktu itu adalah jam. Sebagian besar siswa masih belum mengerti tentang penggunaan notasi 24 jam dalam kehidupan sehari – hari. Metode koperatif tife STAD sangat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, sebab metode ini bisa mempengaruhi semangat belajar siswa lain  

4.      Kesimpulan dan saran
Berdasarkan hasil praktik pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) yang telah dilakukan maka dapat simpulkan bahwa mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa mengelola Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik . Selanjutnya penggunaan metode koperatif tife STAD mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi sebab siswa yang kemampuan belajarnya rendah terpengaruh dengan siswa yang kemampuan belajarnya lebih tinggi. Dengan demikian penerapan Diskusi Kelompok tife STAD dapat Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No.115507 Wonosari

Berdasarkan simpulan di atas, untuk meningkatkan kualitas dan aktivitas siswa dalam pembelajaran maka mahasiswa disarankan agar ; menggunakan teknik pembelajaran yang variatif (hal ini dilakukan untuk terciptanya proses belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Inovatif dalam pengadaan alat peraga yang ada dan dekat dengan lingkungan siswa ( karena dapat menimbulkan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran yang dikelola guru menjadi lebih bermakna). Selalu belajar agar dapat meningkatkan kemampuan dan wawasannya dalam melaksanakan pembelajaran. Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) hendaknya dapat diterapkan pada setiap pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran

DAFTAR LAMPIRAN 


Kepada
Yth Kepala  UPBJJ UT MEDAN
Di Tempat
                                                         
Surat Kesediaan Menjadi Supervisor  2                                                                    Saya yang bertanda tangan dibawah ini ;
Nama                           :  NUR HAIDA, S.Pd
NIP                             :  196412021986042002
Asal dari Sekolah        :  SD Negeri No.112200 Labuhanbilik
Alamat Sekolah           :  Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah
Nomor Telepon/HP     :
Dengan ini menyatakan bersedia menjadi Supervisor 2 yang akan memeriksa dan memberikan masukan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) serta mengamati praktik mengajar sebanyak 10 kali dalam mata kuliah PKM ( Pemantapan Kemampuan Mengajar ), yang akan dilakukan mahasiswa tersebut dibawah ini.
Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736

Demikian, surat kesediaan menjadi supervisor  2 dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
                                                                                    Labuhanbilik, 17 Oktober 2015
                                                                                    Supervisor 2,


                                                                                    NUR HAIDA, S.Pd
                                                                                    NIP. 196412021986042002





Kepada
Yth. Kepala  UPBJJ UT MEDAN
Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
                                          
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                           : Hj. MARDIANI NASUTION, S.Pd
Kepala Sekolah           : SD Negeri No. 112200 Labuhanbilik
Alamat Sekolah           : Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah

Dengan ini menyatakan bahwa Supervisor 2 yang bernama NUR HAIDA, S.Pd, dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.

Nama Mahasiswa        :  BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736

Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Labuhanbilik, 19 Oktober 2015
Kepala Sekolah SD Negeri No.112200
Labuhanbilik



Hj. MARDIANI NASUTION, S.Pd
NIP. 19551029 197403 2 001








JURNAL PEMBIMBINGAN SUPERVISOR 2 PKM


NIM / Nama Mahasiswa         :  824802736 / BEDAH DALIMUNTHE
Mengajar di Kelas                   :  V ( Lima )
Sekolah                                   :  SD Negeri No.115507 Wonosari

No 
Hari / Tanggal

Kegiatan
                               
Hasil / Komentar
Paraf
Mhs.
Supv.2
1
Senin/19 Oktober 2015
Diskusi tentang persiapan praktek PKM, mulai dari tata cara penyusunan RPP sampai metode yang digunakan  
Disepakati jadwal praktek PKM, mengetahui langkah - langkah menyusun RPP


2
Selasa /20 Oktober 2015
Konsultasi  tentang teknik penguasaan kelas dan metode yang digunakan
Metode yang tepat untuk diterapkan yaitu diskusi kelompok tife STAD


3
Selasa/ 20 Oktober 2015
Mendiskusikan RPP PKn dengan materi ‘pengertian Undang – Undang’
Indikator pada RPP PKn tidak disertakan  


4
Rabu/ 21  Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran PKn dengan materi ‘pengertian Undang – Undang’
Sebagian besar Siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran dan pembelajaran yang dilakukan berjalan lancar


5
Kamis/ 22 Oktober 2015
Mendiskusikan RPP IPA dengan materi ‘potosintesis’ dan peraga yang sesuai
Menggunakan tumbuhan yang ada dilingkungan keseharian siswa sebagai peraga



6
Jum’at/ 23 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran IPA materi potosintesis
Siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran


7
Sabtu/24 Oktober 2015
Mendiskusikan RPP Bahasa Indonesia dengan materi Teks Percakapan
Untuk pembelajaran ini dipilih teks percakapan yang mudah dipahami siswa


8
Sabtu/ 24 Oktober 2015
Mendiskusikan RPP IPS pada materi menceritakan tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam
Menggunakan gambar yang berhubungan dengan tokoh Hindu, Budha dan Islam sebagai sarana demonstrasi kepada siswa



9
Senin/26 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Percakapan
Walaupun suasana kelas terlihat ribut. Namun siswa aktif dalam memperaktikkan Teks Percakapan di depan kelas






10
Senin/26 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran IPS pada materi ‘ Tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam
Pembelajaran terlihat aktif, banyaknya siswa yang bertanya tentang tokoh – tokoh sejarah pada masa Hndu, Budha dan Islam



11
Selasa/27 Oktober 2015
Konsultasi tentang penguasaan kelas
Perhatian penuh terhadap aktivitas siswa


12
Selasa/27 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran PKn dengan materi ‘ Undang – Undang Tingkat Pusat dan daerah
Perbaikan tujuan pembelajaran, memberikan contoh undang – undang tingkat pusat dan daerah



13
Rabu/28 Oktober 2015
Mengamati pembelajaran PKn dengan materi ‘ Undang – Undang Tingkat Pusat dan daerah

Siswa memahami undang – undang tingkat pusat dan daerah



14
Rabu/28 Oktober 2015
Diskusi tentang persiapan RPP IPS tentang mengelompokkan tokoh – tokoh sejarah Hindu, Budha dan Islam
Mengupayakan contoh tokoh – tokoh Hindu, Buda dan Islam yang familiar dikalangan siswa dan masyarakat



15
Kamis/29 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan IPS materi mengelompokkan tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam

Pembelajaran berjalan dengan baik


16
Kamis/29 Oktober 2015
Konsultasi tentang RPP IPA materi ‘ tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan

Menyiapkan peraga aneka buahan yang berhubungan dengan materi


17
Kamis/29 Oktober 2015
Diskusi tentang RPP MTK pada materi Pengukuran ( menuliskan satuan jarak dan kecepatan )
Memperbaiki metode pada RPP yaitu menggunakan metode kooperatif tife STAD


18
Jum’at/30 Oktober 2015
Diskusi tentang RPP Bahasa Indonesia dengan Tema Puisi
Memilih puisi yang mudah dipahami siswa


19
Sabtu/31 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran RPP Bahasa Indonesia dengan Tema Puisi

Pembelajaran berlangsung dengan epektif


20
Sabtu/31 Oktober 2015
Mengamati pelaksanaan pembelajaran MTK pada materi Pengukuran ( menuliskan satuan jarak dan kecepatan


Pembelajaran berlangsung dengan baik dan siswa dan terlihat aktif mengikuti pembelajaran






Mengetahui                                                                             Labuhanbilik, 31 Oktober  2015
Supervisor 1,                                                                           Supervisor 2,



Drs. AWALUDDIN SITORUS,M.Pd                                NUR HAIDA, S.Pd
ID. 12000483                                                                          NIP.196412021986042002















Format Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD

Kode Nama Mata Kuliah        : PDGK 4209
Nama Mahasiswa                    : BEDAH DALIMUNTHE
UPBJJ                                     : MEDAN
Masa Ujian                              : 2015.2


NO

JENIS BERKAS

Target
Kelengkapan jumlah yang dikumpulkan mahasiswa
1
RPP
10

2
Lembar Refleksi
10

3
Lembar Observasi
10



Labuhanbilik, 31 Oktober 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Negeri No.112200
Labuhanbilik                                                                           Mahasiswa



Hj. MARDIANI NASUTION, S.Pd                                                BEDAH DALIMUNTHE
NIP. 19551029 197403 2 001                                                            NIM. 824802736
                                                                                                               













LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736
Program Studi             : S1-PGSD
UPBJJ                         :  MEDAN
                                                      
A.    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan  baik ?                                        
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan? )
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.      Apakah siswa  dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanaka?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas I Semester          :   V/I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit

Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

Indikator
o   menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya

Tujuan Pembelajaran:
o   Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan
o   Siswa dapat menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a.       di dalam umbi
b.      di dalam buah
c.       dalam biji
d.      di dalam batang.

& Karakter siswa yang diharapkan :
o   Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu. Peduli lingkungan.

Metode pembelajaran
Kooperatif tife STAD

Materi                        
Tumbuhan hijau dan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan

Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
    • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
    • Mengabsen siswa
    • apersepsi
    • Menyebutkan tujuan pembelajaran
    • Membentuk kelompok diskusi
·       Kegiatan inti :
-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
¨      Menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan
a.       di dalam umbi
-   kentang
-   wortel
-   Talas
-   Singkong
-   Bawang merah
-   Ubi jalar
b.      di dalam buah
-   avokad
-   mangga
-   jeruk
-   apel
-   nanas
-   pisang
-   pepaya
-   durian
-   anggur
c.       di dalam biji
-   kacang tanah
-   kacang kedelai
-   kacang merah
-   kacang hijau

d.      di dalam batang
-   tebu
-   sagu



-      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja  kelompok;
-      memfasilitasi peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok lain
-      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
¨      memberikan pekerjaan rumah
¨      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;


                                                                                        Wonosari, 29 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPA
                                                                                                   
                                                                                                   
                                                                                              
      BARMAWI, S.Pd                                                   BEDAH DALIMUNTHE
      NIP: 196112311983041008                                      NIM.824802736



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Sekolah                         :   SD N No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   V/ I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi       :
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan


Indikator
o    menyebutkan pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o   menyebutkan hasil fotosintesis berupa
-       Karbohidrat
-       oksigen

Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami dan menyebutkan proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o   Siswa dapat Mengetahui dan menyebutkan hasil fotosintesis berupa
-       Karbohidrat
-       oksigen

      Karakter siswa yang diharapkan :       
o   Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu. Peduli lingkungan.


Materi Pembelajaran
Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
o   Proses tumbuhan hijau membuat makanan
o   Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau

Metode Pembelajaran
 Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Penjelasan ,Tanya jawab,  Pemberian Tugas



      Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Kelas V
o   Tumbuhan hijau


Langkah-langkah Pembelajaran         
§  Kegiatan awal
¨      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 orang
¨      Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§  Kegiatan Inti
¨      Guru memberikan pemahaman tentang tumbuhan hijau
¨      Guru menjelaskan proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
¨      Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-    air → diperoleh melalui akar
-    karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-    cahaya matahari → diserap oleh klorofil
¨      Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar )
¨      Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-    Karbohidrat
-    oksigen
¨      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨      Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§   
§  Kegiatan Penutup

¨      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan mengenai materi yang telah disampaikan,
¨      memberikan pekerjaan rumah
¨      dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.


PENILAIAN
SOAL LATIHAN
1.    Apakah yang dimaksud dengan tumbuhan hijau?
2.    Apakah yang dimaksud dengan Poto sintesis ?
3.    Apakah yang dimaksud dengan klorofil ?
4.    Apakah yang diperlukan tumbuhan untuk berpoto sintesis?
5.    Apakah yang dihasilkan oleh tumbuhan dalam berpoto sintesis ?

JAWABAN
1.      Tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang memiliki zat hijau daun
2.      Poto sintesis adalah cara tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri
3.      Klorofil adalah zat hijau yang terdapat pada daun
4.      Yang diperlukan tumbuhan untuk berpoto sintesis adalah air, CO2, klorofil dan cahaya matahari
5.      Yang dihasilkan oleh tumbuhan dari poto sintesis adalah karbo hidrat dan oksigen



                                                                                        Wonosari, 23 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPA



          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
   NIP: 196112311983041008                                                            NIM.824802736
































LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
                                                          

Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736
Program Studi             : S1-PGSD
UPBJJ                         :  MEDAN

A.    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan  baik ?    
                                   
Pembukaan pelajaran yang dilakukan dapat mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
siswa mampu memahami materi yang disampaikan

3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media sesuai dan mampu meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode pembelajaran membuat siswa terlihat aktif

5.      Apakah siswa  dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?

siswa yang mampu menerima penjelasan dengan baik

B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )

saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik

2.      Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang penggunaan waktu, saya selalu kekurangan waktu untuk menyampaikan pelajaran 
3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanaka?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula ?

Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan lancar






































LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Kamis, 29 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :Tumbuhan hijau dan tempat menyimpan makanan   cadangan pada tumbuhan

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 29 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002


















LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Sabtu, 23 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau



No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 23 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   MATEMATIKA
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                   :   V/ I
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :
2.  Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar            
2.4. mengenal satuan jarak dan kecepatan

C.    Indikator
Menyebutkan satuan jarak dan kecepatan
Menuliskan satuan jarak dan kecepatan

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Peserta didik dapat Menuliskan satuan jarak dan kecepatan
·         Peserta didik dapat menyebutkan satuan jarak dan kecepatan yang ada dalam kehidupan sehari - hari


v  Karakter siswa yang diharapkan :  
§  Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi

E.     Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)


F.     Metode Pembelajaran
Kooperatif tife STAD, Latihan


G.    Langkah-langkah Pembelajaran          
§  Kegiatan awal
-      Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agamanya untuk mengawali pelajaran
-      Mengabsen siswa
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Menyebutkan tujuan pembelajaran
-      Membentuk kelompok diskusi
-      Membahas masalah alat ukur dan satuannya yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari - hari,
§  Kegiatan Inti
¨      Guru menjelaskan tentang alat ukur dan satuan ukur seperti Kilometer, meter ,  centimeter, dll
¨      Siswa berdiskusi tentang satuan dan alat ukur .
¨      Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨      Membahas macam-macam satuan jarak dan kecepatan
¨      mangadakan Tanya Jawab untuk menentukan operasi hitungnya sampai diperoleh suatu kesimpulan.
¨      Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
     
I.       Penilaian
-     Mendiskusikan apa – apa saja alat ukur jarak dan kecepatan yang sering dijumpai
dalam keidupan sehari – hari siswa



                                                                                        Wonosari,  29 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika
                                                                                                   
                                                                                                   
                                                                                              
          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                                   NIM.824802736













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Sekolah                         :   SDN No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   Matematika
Kelas/Semester             :   V/ I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 Menit

Standar  Kompetensi      :
2.  Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar            
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

Indikator
§  Menyebutkan tanda waktu
§  Menyebutkan satuan – satuan waktu

Tujuan Pembelajaran    
siswa dapat :
§  Siswa dapat menyebutkan tanda waktu
§  Siswa dapat menyebutkan satuan – satuan waktu yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari siswa

Karakter siswa yang diharapkan :  
§  Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab

Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

Metode Pembelajaran
 Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Penjelasan ,Tanya jawab, Diskus,  Pemberian Tugas
Langkah-langkah Pembelajaran         
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§  Kegiatan Inti
¨      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 orang
¨      Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
¨      Membahas macam-macam satuan waktu,
¨      Menjelaskan materi dengan alat peraga jam dinding dan memberikan permasalahan untuk didiskusikan tentang waktu
¨      Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Penutup

¨      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan mengenai materi yang telah disampaikan,
¨      memberikan pekerjaan rumah
¨      dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5
§  Jam dinding


 PENILAIAN
SOAL
Berilah keterangan pagi, siang , sore atau malam untuk soal berikut!
      Contoh: Pukul 13.00 = Pukul 1 Siang
1.      Pukul 14.30 = …………
2.      Pukul 18.00 = …………
3.      Pukul 20.00 = …………
4.      pukul 21.00 = ………….
5.      pukul 24.00 = ………….

JAWABAN
1.      Pukul 2. 30 siang
2.      Pukul 6 sore
3.      Pukul 8 malam
4.      pukul 9 malam
5.      pukul 12 malam


                                                                                        Wonosari,  31 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika



          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                 NIM.824802736





LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  MATEMATIKA
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Sabtu, 31 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
   Satuannya)

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 31 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002













LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736
Program Studi             : S1-PGSD
UPBJJ                         :  MEDAN
                                                      

A.    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan  baik ?    
                                   
Pembukaan pembelajaran dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Siswa dapat  mengerti materi yang disampaikan

3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media mampu membantu siswa memahami materi yang diajarkan

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode yang digunakan dapat membantu keaktifan siswa

5.      Apakah siswa  dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?

mayoritas siswa mampu menerima penjelasan dengan baik

B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )

RPP yang dilaksanakan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan

2.      Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
Kelemahan saya ada dibidang penggunaan media, media pembelajaran sulit didapatkan
3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula ?

Rencana pelaksanaan berjalan dengan lancar











































LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  MATEMATIKA
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Jum’at, 29 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
   Satuannya)

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 29 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit

                                         
Standar Kompetensi                              
1. Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

Kompetensi Dasar
1.2  Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Indikator
¨      Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia Melalui metode diskusi kelompok tife STAD

Tujuan Pembelajaran
¨      Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu Indonesia
¨      Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Budha Indonesia
¨      Siswa dapat Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :
¨      Semangat kebangsaan, Cinta tanah air , Gemar membaca.

Materi Pokok
§  Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
      

Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar / foto tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
§  Sumber          :   Buku IPS kelas V    
                                Buku yang relevan


Metode
-          Kooperatif type STAD, penjelasan, penilaian
Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
¨      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
¨      Mengabsen siswa
¨      apersepsi
¨      Menyebutkan tujuan pembelajaran
¨      Membentuk kelompok diskusi
·       Kegiatan inti :
¨      Guru Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
¨      Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
¨      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
¨      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
¨      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
¨      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
¨      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja  kelompok;
¨      memfasilitasi peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok lain
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
¨      memberikan pekerjaan rumah
¨      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;


                                                                                        Wonosari,  24 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPS
                                                                                       


          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                 NIM.824802736


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   V/I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit
                                         
Standar Kompetensi                              
1.  Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

Kompetensi Dasar
1.2  Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Indikator
¨    Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨    Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Tujuan Pembelajaran
¨    Siswa dapat Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨    Siswa dapat Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

Karakter siswa yang diharapkan :
¨      Semangat kebangsaan, Cinta tanah air , Gemar membaca.

Materi Pokok
§  Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
      
Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar / foto tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
§  Sumber          :   Buku IPS kelas V    
                                Buku yang relevan

Metode
-          Kooperatif type STAD, penjelasan, penilaian
-           
Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
¨      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
¨      Mengabsen siswa
¨      apersepsi
¨      Menyebutkan tujuan pembelajaran
¨      Membentuk kelompok diskusi
·       Kegiatan inti :
¨      Guru Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨      Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
¨      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
¨      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
¨      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
¨      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
¨      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
¨      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja  kelompok;
¨      memfasilitasi peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok lain
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
¨      memberikan pekerjaan rumah
¨      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;


                                                                                        Wonosari,  29 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPS
                                                                                       


          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                 NIM.824802736


LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Sabtu, 24 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Tokoh - tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha  dan Islam di Indonesia

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 24 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SD Negeri No. 115507 Wonosari
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  (Satu)
Alokasi Waktu    :  2 x 35  menit

Standar Kompetensi                  
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 

Kompetensi Dasar                   
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Indikator
§  menyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,( tingkat pusat dan daerah).

Tujuan Pembelajaran
§  siswa dapat menyebutkan pengertian perundang - undangan
§  Siswa dapat mengetahui dan menyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)

v  Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Menghargai, Prestasi, Komuniktif

Materi Ajar
§  Pengertian perundang-undangan.

Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V,


 Metode Pembelajaran 
§  Pendekatan Cooperative Learning.tife STAD
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.




 Langkah-langkah Kegiatan
§  Kegiatan Awal
§  Siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
§  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat kelompok belajar
§  Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.
§  Kegiatan Inti
¨      Guru memberikan penjelasan tentang Peraturan Perundang-Undangan pada.
¨      Siswa bersama kelompoknya merumuskan pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah secara individual. 
¨      Siswa melaporkan hasil diskusi secara lisan.
¨      panduan guru, siswa menanggapi hasil diskusi dari kelompok Dengan Bersahabat / Komuniktif
¨      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
¨      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
¨      Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
¨      Guru memberikan pekerjaan rumah siswa


                                                                                        Wonosari,  21 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel PKn
                                                                                       


          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                 NIM.824802736









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SD Negeri No. 115507 Wonosari
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  (Satu)
Alokasi Waktu    :  2 x 35  menit

Standar Kompetensi                  
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 

Kompetensi Dasar                   
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Indikator
§  Dapat mengetahui dan menyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.) melalui metode cooperative learning tife stad

Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengetahui berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)
§  Siswa dapat menyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, (tingkat pusat dan daerah.)

v  Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Menghargai, Prestasi, Komuniktif

Materi Ajar
§  Pengertian perundang-undangan.

Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V,

Metode Pembelajaran 
§  Pendekatan Cooperative Learning.tife STAD
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.


Langkah-langkah Kegiatan
§  Kegiatan Awal
§  Siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
§  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat kelompok belajar
§  Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.


Kegiatan Inti
¨      Guru meminta siswa mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah yang telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya. 
¨      Guru menyiapkan kelas diskusi. 
¨      Siswa berdiskusi tentang fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan daerah bagi individu dan masyarakat.
¨      Siswa melaporkan hasil diskusi.
¨      memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
¨      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
¨      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
¨      guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa


                                                                                        Wonosari,  28 Oktober 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel PKn
                                                                                       

          BARMAWI, S.Pd                                               BEDAH DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008                                 NIM.824802736











LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Rabu, 21 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Pengertian peraturan perundang - undangan

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 21 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002













LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736
Program Studi             : S1-PGSD
UPBJJ                         :  MEDAN

                                                      
A.    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan  baik ?    
                                   
Kegiatan membuka pelajaran dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
Tanggapan siswa beragam, sebagian siswa menganggap materi yang disampaikan sulit dimengerti atau terlalu tinggi

3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan? )
Penggunaan media mampu meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Metode pembelajaran sangat mempengaruhi keaktifan siswa

5.      Apakah siswa  dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?

Hanya sebagian dari siswa yang mampu menerima penjelasan dengan baik



B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )

Tidak seluruhnya, namun saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik

2.      Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?

Kelemahan saya ada dibidang pengelolaan kelas dan penggunaan waktu, saya selalu kekurangan waktu untuk menyampaikan pelajaran 

3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula ?

Rencana pelaksanaan pembelajaran berlangsung seperti apa yang diharapkan




































LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Rabu, 28 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Undang – undang tingkat pusat dan daerah


No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 28 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002










LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama                           : BEDAH DALIMUNTHE
NIM                            : 824802736
Program Studi             : S1-PGSD
UPBJJ                         :  MEDAN
                                                      
A.    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dilakukan
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan  baik ?                            
Proses pembukaan pelajaran dapat mengarahkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan ? ( apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
siswa memahami  materi yang disampaikan

3.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? ( apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan? )
Media yang digunakan  mampu meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
Siswa terlihat sangat aktif mengikuti pembelajaran

5.      Apakah siswa  dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik ?

penjelasan dicerna siswa yang diberikan mampu dengan baik

B.     Refleksi terhadap implementasi RPP
1.      Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik ? )

Tidak seluruhnya, namun rencana pembelajaran telah sesuai dengan RPP

2.      Apakah kelemahan – kelemahan saya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melakukan pembelajaran ? dalam hal apa saja? Apakah dalam hal penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, pengunaan metode dan teknik pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?

Kelemahan saya ada dibidang pengelolaan kelas, siswa masih terlihat ada yang rebut

3.      Apakah ada rencana pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat dilaksanaka?
Jika ada, apa yang harus saya lakukan untuk mengganti rencana pelaksanaan pembelajaran semula ?

Seluruh rencana pembelajaran terlaksana dengan baik












































LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
( Digunakan supervisor 2 untuk melihat 10 praktek mengajar)

Nama Mahasiswa/NIM                       :  BEDAH DALIMUNTHE / 824802736
Mata Pelajaran                                    :  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas                                                   :  V ( Lima )
Hari / Tanggal                                     :  Kamis, 29 Oktober 2015
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan    :  Mengelompokkan Tokoh - tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha  dan Islam di Indonesia

No
Aspek yang diobservasi
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
Ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran )


2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)


3
Milibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran ( keterampilan bertanya )


4
Penjelasan konsep oleh  guru  ( keterampilan menjelaskan )


5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa ( keterampilan mengadakan variasi )


6
Memberikan contoh ( keterampilan mengadakan variasi )


7
Menggunakan media yang tepat ( keterampilan mengadakan variasi )


8
Memberikan penguatan ( keterampilan mengadakan pengatan )


9
Membimbing diskusi ( keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil )


10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar ( keterampilan menutup pelajaran )


11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


12
Memberikan balikan ( keterampilan menutup pelajaran )


**) beri tanda √
KESIMPULAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                               
Wonosari, 29 Oktober 2015
Mengetahui ,                                                                           Supervisor 2
Kepala Sekolah SD Negeri No.115507
WONOSARI


BARMAWI, S.Pd                                                                 NUR HAIDA, S.Pd
NIP. 196112311983041008                                                   NIP. 196412021986042002