MTK
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N No.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Menuliskan tanda waktu
v
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis,
Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi
Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooferatif tipe STAD
Ceramah ,Tanya jawab, Diskus, Pemberian
Tugas
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Membahas masalah Jam, Apa saja yang terdapat pada jam
seperti jarum jam, jarum menit, jarum detik dll.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
terdiri dari 4-5 orang dengan memperhatikan tingkat prestasi, jenis kelamin
sehingga diharapkan kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen.
F
Menuliskan
tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan dengan membuat jam mainan dari karton, memberikan permasalahan untuk
didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah itu siswa diuji kemampuannya
dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket.
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
F
Membahas
macam-macam satuan waktu, mangadakan Tanya Jawab untuk menentukan operasi
hitungnya sampai diperoleh suatu kesimpulan.
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan mengenai
materi yang telah disampaikan,
F
memberikan
pekerjaan rumah
F
dan
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5
PENILAIAN
SOAL
Berilah keterangan
pagi, siang , sore atau malam untuk soal berikut!
Contoh: Pukul 13.00 =
Pukul 1 Siang
1. Pukul 14.30 = …………
2. Pukul 18.00 = …………
3. Pukul 20.00 = …………
4. pukul 21.00 = ………….
5. pukul 24.00 = ………….
JAWABAN
1.
Pukul 2. 30 siang
2.
Pukul 6 sore
3.
Pukul 8 malam
4.
pukul 9 malam
5.
pukul 12 malam
Wonosari,
September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
BARMAWI,
S.Pd BEDAH
DALIMUNTHE
NIP: 196112311983041008 NIM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar