Perencanaan
PTK
Identifikasi
Masalah
|
Berdasarkan hal tersebut, penulis meminta bantuan
supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang
dilaksanakan. Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa masalah yang
teridentifikasi adalah ;
1. Hasil belajar siswa masih rendah
2. Penjelasan guru kurang menarik bagi siswa
3. Guru tidak mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan
nyata siswa
4. Siswa merasa bosan
5. Guru tidak menggunakan alat peraga
|
Analisis
Masalah
|
Hasil diskusi yang penulis lakukan dengan supervisor dan
teman sejawat tentang penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA yaitu ;
-
Siswa tidak memahami manfaat
pembelajaran IPA
-
Siswa kurang terlibat dalam
pembelajaran
-
Penjelasan guru bersifat satu arah
|
Alternative
dan Prioritas Pemecahan Masalah
|
Berdasarkan diskusi dengan supervisor dan teman sejawat,
maka penulis memutuskan bahwa pemecahan masalah adalah dengan menggunakan
alat peraga dan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dengan prioritas pemecahan
masalah memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran yang diciptakan secara
alamiah sehingga anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.
|
Rumusan
Masalah
|
Berdasarkan pada pembatasan
masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah
1. 1. Apakah Metode Diskusi dapat meningkatkan pemahaman dan
hasil belajar siswa terhadap materi Pesawat Sederhana pada pelajaran IPA di
kelas 5 SD Negeri No.115507 Wonosari Semester 2 SD ………..?
2. 2. Bagaimana cara menigkatkan minat belajar siswa,
terutama pada Mata Pelajaran IPA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar