Senin, 26 Mei 2014

Perencanaan PTK




Perencanaan PTK


Identifikasi Masalah
Berdasarkan hal tersebut, penulis meminta bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi adalah ;
1.      Hasil belajar siswa masih rendah
2.      Penjelasan guru kurang menarik bagi siswa
3.      Guru tidak mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa
4.      Siswa merasa bosan
5.      Guru tidak menggunakan alat peraga

Analisis Masalah
Hasil diskusi yang penulis lakukan dengan supervisor dan teman sejawat tentang penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yaitu ;
-          Siswa tidak memahami manfaat pembelajaran IPA
-          Siswa kurang terlibat dalam pembelajaran
-          Penjelasan guru bersifat satu arah

Alternative dan Prioritas Pemecahan Masalah
Berdasarkan diskusi dengan supervisor dan teman sejawat, maka penulis memutuskan bahwa pemecahan masalah adalah dengan menggunakan alat peraga dan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa  dengan prioritas pemecahan masalah memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran yang diciptakan secara alamiah sehingga anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.

Rumusan Masalah
Berdasarkan pada pembatasan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah

1.      1. Apakah Metode Diskusi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi Pesawat Sederhana pada pelajaran IPA di kelas 5 SD Negeri No.115507 Wonosari Semester 2 SD ………..?
2.      2. Bagaimana cara menigkatkan minat belajar siswa, terutama pada Mata Pelajaran IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar