Jumat, 23 Mei 2014

RPP BARU



RENCANA PERBAIKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         :   SDN NO.115507 Wonosari
Mata Pelajaran            :   IPA /SAINS
Kelas/Semester             :   V/ 2
Waktu                          :   1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi            
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat


C.    Indikator
o menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.
o mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana
o menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pesawat sederhana
o mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana

D.    Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
o Siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana
o Siswa dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pesawat sederhana
o Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin , Rasa hormat dan perhatian ,Tekun

METODE PEMBELAJARAN
-          Ceramah, Penggunaan alat peraga, diskusi kelompok kecil

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan ( 5 Menit )
-          Mencek kehadiran siswa
-          Apersepsi  dan Motivasi
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti ( 25 Menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
-    melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
-    mengubah arah gaya yang kita lakukan
-    menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis pesawat sederhana
-    Tuas (pengukit)
-    Bidang miring
-    Katrol
-    Roda
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  1. Penutup ( 5 Menit )
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-       Setiap alat yang berguna bagi manusia disebut pesawat
Pada tuas golongan pertama posisi titik tumpu berada di antara beban dan kuasa




                                                                                               
Soal
1.      Semua jenis alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut…
2.      Tuliskan 4 jenis pesawat sederhana…
3.      Tuliskan 3 bagia utama tuas…
4.      Jarak antara titik tumpu dengan titik beban disebut…
5.      Tuliskan 2 contoh pengungkit jenis pertama..
6.      Pembuatan tangga pada bangunan bertingkat memanfaatkan prinsip…
7.      Katrol yang posisinya tetap disebut…
8.      Jenis katrol yang digunaan untuk sumur timba adalah…
9.      Tuliskan 3 contoh peralatan yang menggunakan prinsip kerja bidang miring
10.  Tuliskan 2 contoh peralatan yang menggunakan prinsip kerja roda berporos

Kunci Jawaban
1.      Pesawat
2.      Tuas, Bidang miring, Katrol, Roda berporos.
3.      Titik beban, titik tumpu, titik kuasa
4.      Lengan beban.
5.      Jungkat –jangkit, Gunting.
6.      Bidang miring.
7.      Katrol tetap.
8.      Katrol tetap.
9.      Sekrup. Pisau,tangga.
10.  Sepeda, mobil.


Wonosari,             2014
Mengetahui                                                                           
  Kepala Sekolah                                                                    Guru Kelas V



          BARMAWI, S.Pd                                                       RAHMI NASUTION
          NIP :19611231198304 1 008                                       NIM : 818042715

Tidak ada komentar:

Posting Komentar