RENCANA PERBAIKAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN
NO.115507 Wonosari
Mata Pelajaran : IPA /SAINS
Kelas/Semester : V/ 2
Waktu :
1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
5.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana
yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
C. Indikator
o menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan
lebih mudah dan lebih cepat.
o mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana
o menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pesawat
sederhana
o
mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana
D. Tujuan
Pembelajaran
o Siswa dapat menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
o Siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis pesawat
sederhana
o Siswa dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai
pesawat sederhana
o
Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin , Rasa
hormat dan perhatian ,Tekun
METODE PEMBELAJARAN
-
Ceramah, Penggunaan alat peraga, diskusi
kelompok kecil
E. Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
- Pendahuluan ( 5 Menit )
-
Mencek kehadiran siswa
-
Apersepsi dan Motivasi
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti ( 25 Menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat
sederhana
F Memahami tujuan
penggunaan pesawat sederhana
- melipatgandakan
gaya atau kemampuan kita
- mengubah arah
gaya yang kita lakukan
- menempujh jarak
yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F .
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Menyebutkan
jenis pesawat sederhana
- Tuas (pengukit)
- Bidang miring
- Katrol
- Roda
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Penutup ( 5 Menit )
o Memberikan
kesimpulan bahwa
- Setiap
alat yang berguna bagi manusia disebut pesawat
Pada tuas golongan pertama posisi titik
tumpu berada di antara beban dan kuasa
Soal
1.
Semua jenis alat yang digunakan
untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut…
2.
Tuliskan 4 jenis pesawat sederhana…
3.
Tuliskan 3 bagia utama tuas…
4.
Jarak antara titik tumpu dengan
titik beban disebut…
5.
Tuliskan 2 contoh pengungkit jenis
pertama..
6.
Pembuatan tangga pada bangunan
bertingkat memanfaatkan prinsip…
7.
Katrol yang posisinya tetap disebut…
8.
Jenis katrol yang digunaan untuk
sumur timba adalah…
9.
Tuliskan 3 contoh peralatan yang
menggunakan prinsip kerja bidang miring
10.
Tuliskan 2 contoh peralatan yang
menggunakan prinsip kerja roda berporos
Kunci
Jawaban
1.
Pesawat
2.
Tuas, Bidang miring, Katrol, Roda
berporos.
3.
Titik beban, titik tumpu, titik
kuasa
4.
Lengan beban.
5.
Jungkat –jangkit, Gunting.
6.
Bidang miring.
7.
Katrol tetap.
8.
Katrol tetap.
9.
Sekrup. Pisau,tangga.
10.
Sepeda, mobil.
Wonosari, 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
BARMAWI,
S.Pd RAHMI
NASUTION
NIP :19611231198304 1 008 NIM :
818042715
Tidak ada komentar:
Posting Komentar